Pertanyaan Serbaneka

Tentang Program

Berapa banyak waktu yang saya perlukan untuk mengikuti retret Daring ini?

Ini adalah retret 5 hari, Sabtu pagi hingga Rabu malam. Idealnya, yang terbaik adalah jika Anda dapat mengosongkan hari-hari Anda dari komitmen lain sehingga Anda dapat berpartisipasi penuh dan menikmati energi damai dari retret ini, bahkan ketika Anda tidak mengikuti sesi yang dijadwalkan.

Setiap hari ada sesi pagi dari pukul 5.00 hingga 11.30 (WIB), yang mencakup sesi pilihan latihan dipandu 30 menit dan istirahat satu jam untuk sarapan. Sesi sore dimulai dari pukul 15.00-16.30 setiap hari dan dimulai dengan relaksasi pada pukul 13.00. Sesi malam dimulai pukul 19.30. Kami menyarankan Anda agar selalu hadir beberapa menit lebih awal untuk mengatur koneksi komputer Anda.

Perlu dicatat bahwa Anda dapat memilih untuk ikut atau tidak dari tiga sesi sore “Berbagi Dharma” (15.00 – 16.30 setiap hari). Jika Anda memilih ikut serta, kami meminta Anda berkomitmen untuk bergabung dalam ketiga sesi tersebut tepat waktu, sehingga kelompok dapat memiliki pengalaman kolektif yang kuat.

Untuk menghindari gangguan pada kelompok, kami tidak akan menerima peserta yang telambat masuk pada sesi Berbagi Dharma setelah acara dimulai. Anda diharapkan juga megatur beberapa waktu sebelum retret dimulai, untuk membiasakan diri Anda dengan video dan informasi dalam paket video “Cara Menikmati Retret Daring”, dan mengatur sudut yang tenang di rumah Anda di mana Anda memperoleh koneksi internet yang stabil.

Kami berharap pengalaman yang imersif dan interaktif ini akan membantu Anda memperkuat latihan mindfulness dan membangun semangat Plum Village di rumah Anda.

Jika saya tidak dapat bergabung dalam sesi secara langsung (LIVE), dapatkah saya menontonnya nanti?

Ya, Semua sesi LIVE tersedia di thinkific.com atau youtube setelah siaran langsung berakhir.

Apakah yang dimaksud dengan “Berbagi Dharma” (Dharma Sharing), kelompok kecil / Break out Groups?

Dalam retret ini, Berbagi Dharma adalah kelompok kecil terdiri dari 20-25 peserta difasilitasi oleh seorang monastik atau anggota Ordo Interbeing. Sesi ini memberikan kesempatan kepada kita untuk mendengarkan secara mendalam, berbicara dengan sepenuh hati, dan mendapatkan manfaat dari wawasan dan pengalaman teman lain yang juga mempraktikkan hidup berkesadaran (mindfulness). Kita boleh berbagi pengalaman, kegembiraan, kesulitan, dan pertanyaan yang berkaitan dengan praktik mindfulness selama retret.

Apa yang perlu saya persiapkan sebelum mengikuti retret ini?

Mohon atur waktu dan komitmen Anda, sehingga Anda memiliki ruang dari pagi hari Sabtu, 1 Mei, hingga sore hari Rabu, 5 Mei, untuk berpartisipasi penuh dalam retret.

Mohon tunggu satu atau dua jam sebelum Sabtu pagi untuk membiasakan diri dengan materi ini dan menyiapkan komputer Anda dengan baik.

Anda disarankan untuk menyiapkan kamar atau sudut di rumah Anda dimana Anda dapat online tanpa gangguan. Penting agar Anda tidak terganggu selama berbagai sesi, jadi Anda mungkin dapat berkomunikasi dengan orang yang Anda cintai, atau orang lain yang tinggal bersama Anda, untuk meminta dukungan mereka dalam hal ini.

Jika Anda berpartisipasi dalam kelompok Berbagi Dharma, penting bagi Anda untuk melakukannya dari ruang pribadi tempat Anda dapat berbagi tanpa didengar oleh orang lain.

Jika saya memiliki pertanyaan tentang ajaran yang diberikan selama retret, di mana/kapan saya dapat menanyakannya?

Saat kelompok kecil di sesi Berbagi Dharma adalah waktu yang ideal untuk mengajukan pertanyaan dari hati tentang ajaran yang telah Anda dengar dan praktikkan yang kita ikuti bersama. Anda juga dapat menulis pertanyaan di kolom komentar di bawah video ceramah tertentu.

Apakah saya dapat berinteraksi dengan para monastik secara langsung? Mis. Dapatkah saya mengajukan pertanyaan pada mereka dan mendapatkan jawabannya?

Kelompok kecil di sesi Berbagi Dharma menawarkan kesempatan langka untuk bergabung dalam lingkaran yang difasilitasi oleh seorang monastik. Jika Anda tertarik untuk berhubungan dengan para monastik, kami sangat menganjurkan Anda untuk membuat komitmen untuk ikut serta dalam tiga sesi Berbagi Dharma.

Guru kami, Thich Nhat Hanh, mengajarkan kepada kami bahwa kelompok kecil Berbagi Dharma adalah cara paling ampuh untuk belajar dan tumbuh dalam latihan mindfulness kita. Harap dicatat bahwa sesi-sesi ini bukanlah sesi tanya jawab langsung, tetapi sebuah kelompok di mana pertanyaan-pertanyaan ditujukan secara kolektif.

Saya tinggal dengan orang lain. Apakah saya masih bisa mengikuti retret?

Ya, Anda tidak perlu berada di dalam gubuk di atas gunung untuk menikmati retret ini. Selama Anda memiliki sudut atau ruangan yang tenang di mana Anda tidak akan diganggu, dan mungkin memiliki ruang untuk meregangkan tubuh dan melakukan gerakan-gerakan berkesadaran penuh, Anda akan dapat menikmati retret sepenuhnya.

Anda mungkin membutuhkan headphone, dan jika Anda bergabung dalam sesi Berbagi Dharma, carilah satu tempat di rumah di mana Anda dapat berbicara tanpa terdengar oleh orang lain. Anda dapat menjelaskan pada mereka yang tinggal serumah dengan Anda mengenai niat Anda untuk mengikuti retret dan meminta dukungan mereka.

Hal ini bukanlah berarti memisahkan diri Anda dari mereka, tetapi untuk membangkitkan energi yang kuat akan berkesadaran penuh, kedamaian, dan kehadiran selama sesi berlangsung, yang dapat Anda bawa ke dalam interaksi langsung Anda di luar layar selama akhir pekan. Anda akan dapat menerapkan banyak ajaran tentang mendengarkan secara mendalam, makan dengan berkesadaran penuh, dan sebagainya, saat itu juga!

Apakah retret ini cocok untuk segala usia? Bolehkah anak-anak atau remaja bergabung?

Retret ini dirancang sebagai pengalaman belajar orang dewasa, tetapi siapa pun dipersilakan untuk bergabung dalam meditasi, ceramah, gerakan, dan relaksasi.

Harap diperhatikan bahwa dalam kelompok Berbagi Dharma, tema dapat muncul secara spontan yang mungkin tidak sesuai untuk remaja atau anak-anak, sehingga tidak mungkin untuk mendaftarkan peserta berusia di bawah 18 tahun dalam kelompok Berbagi Dharma.

Kami sedang menjajaki bagaimana kami dapat menawarkan pengalaman yang berbeda dan lebih disesuaikan untuk anak-anak dan remaja secara online. Silakan periksa daftar kegiatan kami untuk pengumuman selanjutnya.

Saya belum pernah melakukan retret sebelumnya. Apakah saya bisa mengikuti retret yang ini?

Retret ini dapat diakses oleh mereka yang baru berlatih, dan akan menjadi pengalaman yang menyegarkan dan memperdalam bagi mereka yang telah berlatih mindfulness untuk beberapa waktu. Ini adalah kesempatan berharga untuk dapat terhubung langsung dengan komunitas spiritual kita, dan untuk bertemu dengan orang yang berpikiran sama.

Dalam bahasa apa retret ini diberikan?

Retret ini hanya akan diberikan dalam bahasa Inggris. Namun, kami memiliki sistem penerjemahan untuk semua sesi langsung (live) dalam bahasa Thailand, Vietnam, Cina, Jepang dan Indonesia.

Tentang Teknis

Apa yang saya perlukan untuk mengikuti retret ini? Apakah saya perlu menginstal sesuatu? Apakah saya memerlukan peralatan khusus?

Retret ini akan dikirimkan kepada Anda melalui web browser dan aplikasi Zoom. Saat mengikuti kegiatan secara langsung (live), Anda dapat memilih untuk bergabung melalui Zoom atau melalui video yang disematkan di browser Anda (tautan akan disediakan nanti).

Jika Anda memilih sesi Berbagi Dharma (kelompok yang lebih kecil), Anda perlu menginstal perangkat lunak Zoom dan Anda akan membutuhkan kamera web di komputer atau tablet Anda, sehingga orang-orang dapat melihat Anda (sama seperti Anda akan melihat orang lain). Akan lebih baik jika Anda memiliki headphone, idealnya dengan mikrofon.

Saya tidak memiliki koneksi internet yang sangat stabil. Apakah saya masih bisa mengikuti retret?

Itu tergantung seberapa tidak stabilnya koneksi jaringan Anda. Kualitas tontonan Anda mirip dengan menonton sesuatu di Youtube. Jadi jika itu adalah pengalaman yang cukup menyenangkan, maka ya, Anda bisa mengikuti retret ini.

Tetapi untuk sesi Berbagi Dharma, orang lain mungkin merasa sulit untuk mendengarkan Anda. Anda dapat meminta izin untuk mematikan kamera Anda, sehingga orang lain dapat mendengar Anda dengan lebih baik.

Panggilan video berkelompok memiliki lebih dari dua aliran video aktif. Ini adalah format panggilan Zoom yang paling umum.

Bisakah saya mengikuti retret dari ponsel saya?

Ya, saat Anda mendaftar, Anda akan menerima email berisikan instruksi dan nomor telepon untuk bergabung dengan kami melalui Zoom. Anda hanya akan dapat mengikuti sesi secara langsung (live); tidak mungkin untuk mengikuti sesi Berbagi Dharma dari telepon.

Apakah saya harus membuka kamera saya atau dapatkah saya bergabung dengan audio saja ketika sesi ceramah Dharma?

Ya, Anda dapat bergabung hanya melalui audio, Anda tidak perlu menyalakan kamera, Anda juga dapat memilih untuk menonton melalui platform kami. Hanya saat Anda bergabung dalam sesi Berbagi Dharma, setiap orang diminta untuk menyalakan kamera mereka untuk menciptakan lingkungan yang aman.

Apakah saya dapat menyimpan rekaman setelah retret?

Semua rekaman akan tersedia setelahnya di platform kami, untuk Anda akses selama enam bulan. Anda tidak akan bisa mengunduhnya.

Jika saya mengalami kesulitan teknis dengan pengaturan saya, siapa yang harus saya hubungi?

Anda diundang untuk bernapas, berdoa, atau mengirim email ke tim teknik: [email protected] cc ke [email protected]