Protected: Workshop Inner Child

The energy of mindfulness is the salve that will
recognize and heal the child within.


Workshop Inner Child ini merupakan latihan pendalaman tentang sadar penuh (mindfulness) terhadap batin berdasarkan Satipatthana Sutta, Majjhima Nikaya 10 dan Anapanasati Sutta, Majjhima Nikaya 118.

Peserta diajak untuk benar-benar membuka diri dalam berlatih berdasarkan tradisi Plum Village dan menginvestasikan waktu untuk melakukan PR yang diberikan di workshop ini.


LATIHAN WAJIB

Relaksasi Mendalam (Deep Relaxation)

Relaksasi mendalam adalah latihan untuk mengizinkan tubuhmu beristirahat Latihan ini sangat penting. Ketika tubuhmu merasa tenang dan santai, pikiranmu juga akan menjadi damai. Latihan Relaksasi Mendalam sangat penting bagi tubuh dan pikiranmu untuk sembuh.

Luangkanlah waktu untuk sering melatihnya. Walaupun panduan relaksasi berikut memakan waktu hingga tiga puluh menit atau lebih, kamu bisa memodifikasinya untuk menyesuaikan dengan situasimu. Kamu bisa membuatnya menjadi lebih pendek—hanya lima atau sepuluh menit ketika kamu terbangun di pagi hari, sebelum tidur di malam hari, atau ketika istirahat singkat di tengah-tengah hari yang sibuk. Kamu juga bisa membuatnya lebih panjang dan lebih mendalam. Hal yang paling penting adalah bisa menikmatinya

Bahan Bacaan:
Relaksasi Total versi Buku Anger
Panduan Relaksasi Total

Bahan Latihan :

1. Rekaman dalam bahasa Indonesia:
Panduan Relaksasi Total oleh Br. Bao Tang – 49 menit


Panduan Relaksasi Total Oleh Br. Phap Tu – 58 menit

– Panduan Relaksasi Total Oleh Cinthya – 32 menit

2. Rekaman dalam bahasa Inggris:

  • Deep Relaxation EN – T Bao Tang – 32 menit
  • Total Relaxation EN – Sr. Chan Khong – 46 menit

3. Rekaman dalam bahasa Inggris lainnya dapat diakses menggunakan aplikasi Plumvillage di Android/IOS .


LATIHAN TAMBAHAN

Latihan tambahan di bawah ini dapat dipilih untuk menemani latihan wajib di atas. Latihan ini dapat dilakukan setiap hari atau dengan komitmen Anda untuk melakukannya berberapa waktu dan dapat dikombinasikan.


1. Meditasi Makan

Makan bersama-sama adalah sebuah latihan yang meditatif. Berusaha untuk hadir di setiap momen sedang makan. Ketika sedang antri mengambil makanan maka meditasi sudah dimulai saat itu juga. Mengambil makanan di meja, Anda menyadari bahwa banyak elemen, seperti hujan, sinar mentari, bumi, udara, dan cinta kasih, semuanya telah menyatu untuk membentuk makanan ini. Kenyataannya, melalui makanan ini Anda melihat bahwa seluruh alam semesta sedang menyokong kehidupan ini

Bahan bacaan:

Bahan Video:


2. Meditasi Jalan

Meditasi jalan merupakan praktik yang ampuh untuk hadir sepenuhnya pada saat ini setiap saat. Setiap langkah yang diayunkan dalam keadaan sadar penuh membantu Anda menyentuh keajaiban hidup yang memang ada di sana, dan dapat diraih sekarang juga. Anda dapat menyelaraskan langkah sesuai dengan napas sewaktu berjalan seperti biasa di pinggir jalan, di halte bis, di stasiun kereta, atau di pinggir sungai—di manapun Anda berada. Sambil menarik napas, langkahkan satu kaki dan renungkan, “Aku telah tiba; aku sudah di rumah.

Bahan Bacaan:

Bahan Video (dengan subtitle Indonesia):


3. Meditasi Duduk

Bahan Video:

Bahan Latihan Panduan Meditasi Duduk:

Melihat Secara Mendalam, Menyembuhkan

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk menerapkan topik tanpa-diri (no self) dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara paling efektif dan paling mudah adalah dengan memandang orang tua dan leluhur kita sebagai elemen non-diri (non-self) dari apa kita sebut “diriku”. “Diriku” hanya sekadar sebuah sebutan untuk garis leluhur yang saya wakili. Kebenaran tentang tidak adanya diri yang terpisah ini sepenuhnya didukung oleh temuan-temuan ilmiah, khususnya ilmu genetika. Terlepas dari kebenaran ilmiah ini, tidak selalu mudah bagi manusia untuk melihat bahwa dirinya adalah orang tuanya. Beberapa orang tidak ingin berurusan dengan orang tuanya. Sesungguhnya, jika kita tidak bisa memancarkan cinta dan kasih sayang kepada orang tua, kita tidak dapat mencintai diri sendiri.
dengan intro
tanpa intro

Bersentuhan, Melihat Mendalam

Latihan ini membawa kita untuk bersentuhan dengan tubuh kita dan membantu kita untuk lebih menyadari kondisi setiap bagian tubuh. Ini membantu kita mengungkapkan perhatian dan welas asih kita pada bagian tersebut. Ini adalah sebuah bentuk meditasi welas asih dengan objek tubuh. Latihan ini mengajarkan kita bagaimana hidup dengan sadar penuh agar melindungi kesehatan kita dan kedamaian serta sukacita pada tubuh kita. Ini menunjukkan pada kita bagaimana makan, minum, tidur, beristirahat dan bekerja secara sadar penuh setiap hari sehingga tidak membawa racun ke dalam tubuh kita. Kita belajar agar tidak menggunakan bagian tubuh (jantung, usus, ginjal, dan lainnya) hingga kelelahan dan belajar cara beristirahat, menyegarkan, dan memulihkan setiap bagian tubuh agar dapat berfungsi dengan normal.
cuplikan dari The Blooming of a Lotus Bab 1 Latihan 5

Aplikasi Plumvillage untuk Smartphone

Plumvillage: Zen Meditation
Sistem Operasi: Android dan iOS

Aplikasi Plum Village bisa membantu Anda menumbuhkan energi kesadaran penuh, welas asih, dan suka cita melalui meditasi dipandu, relaksasi total, puisi latihan, genta, dan masih banyak lagi.

Energi kesadaran penuh merupakan kekuatan menyadari akan momen kekinian. Energi yang memungkinkan Anda secara terus-menerus bersentuhan secara mendalam atas kehidupan sehari-hari. Menjadi berkesadaran penuh artinya menjadi benar-benar hidup, hadir bagi mereka yang ada di sekitar dan juga mengetahui hal yang sedang Anda kerjakan. Kita menghadirkan keselarasan pada tubuh dan pikiran ketika sedang mencuci piring, mengendarai mobil atau bahkan saat mandi pagi.

Website Resmi: plumvillage.app

Bahan Enrichment

Selain bahan-bahan di atas, berikut di bawah ini adalah bahan berupa video (dengan subtitle Indonesia) yang wajib ditonton untuk memperkaya informasi tentang workshop ini, sehingga dapat membantu latihan di workshop Inner Child berjalan dengan lancar.

  1. How do I take care of loneliness
  2. Loneliness and The Illusion of Connection
  3. On Loneliness
  4. How can I Forgive Myself and Others?
  5. Healing The Child Within
  6. Healing Relationships : The Practice of Beginning A New

Form Pertanyaan

Berikut adalah FORM PERTANYAAN untuk mengirimkan pertanyaan yang bersifat pribadi kepada para pembimbing. Untuk pertanyaan yang bersifat umum dan bisa membawa manfaat kepada banyak orang, silakan dikirimkan ke WA Group.


Video Ceramah

SESI 1

SESI 2

SESI 3

SESI 4